Wednesday 3 June 2015

FULL ADDER


FULL ADDER


Full adder adalah sebuah block rangkaian aritmatica yang dapat digunakan untuk menjumlahkan atau menambahkan 3 bit bilangan biner. Hasil penjumlahan oleh rangkaian full adder yaitu berupa SUM dan CARRY out. Rangkaian full adder dapat mengatasi keterbatasan yang dimiliki Half adder, dimana Half adder hanya dapat digunakan untuk menjumlahkan 2 bit saja .
    Suatu block rangkaian akan memiliki nilai guna yang tinggi  atau besar jika dapat digunakan untuk menjumlahkan angka biner.
  • Adapun prosedur atau tata cara untuk menjumlahkan bilangan biner dalam jumlah banyak yaitu :
  1. Jumlahkan terlebih dahulu bilangan yang berada di kolom paling kanan (belakang) bilangan ini disebut “LSB”(least significan bits)
  2. Hasil penjumlahan berupa “SUM” diletakkan dibawah  “LSB” dalam satu kolom, jika hasil penjumlahan terdapat kelebihan (CARRY) letakkan disebelah atas maju satu kolom didepan kolom “LSB”.
  3. Kelebihan hasil penjumlahan tersebut merupakan CARRY output bagi kolom “LSB” sekaligus merupakan CARRY input bagi kolom didepan  “LSB”. Prosedur tersebut terus berulang sehingga seluruh kolom telah terjumlahkan.Bilangan paling depan (paling kiri disebut dengan 
  4. “MSB” (Most Significan Bits) sekaligus merupakan CARRY out yang terakhir.
Contoh :






Terimakasih Telah Berkunjung , Semoga bermanfaat.............. :-D

2 comments: