Tuesday 24 July 2018

ISTILAH ISTILAH DALAM FLASH

Istilah istilah dalam flash,  Saat kita akan belajar tentang flash alangkah lebih baiknya kita mengetahui istilah-istilah yang sering muncul saat menggunakan flas. Hal ini akan memudahkan kita untuk memahami langkah-langkah serta bagian-bagian lembar kerja flash. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi mengenai istilah-istilah yang sering dipakai dalam menggunakan flash;
Ada beberapa istilah yang akan sering kalian jumpai saat mengoperasikan flash, yaitu:
  1. Frame merupakan kotak-kotak kecil yang digunakan untuk meletakkan objek-objek presentasi
  2. Frame Per Second atau sering disebut fps, merupakan penentu kecepatan movie saat dijalankan. Cepat atau lambatnya gerakan objek yang akan ditampilkan, dipengaruhi dengan jumlah frame yang digunakan dalam tiap detiknya. Jumlah standar frame yang digunakan dalam flash adalah 24 fps.
  3. Keyframe, merupakan lingkaran kecil di dalam frame yang berisikan objek. Jika keyframe telah terisi objek maka akan berwarna hitam. Namun sebaliknya, jika belum terisi objek maka akan berwarna putih
  4. Simbol, didalam flas terdiri dari tiga type, yaitu Graphic untuk menyimpan gambar, Button untuk membuat tombol, dan Movie Clip untuk membuat movie.
  5. ActionScript, merupakan  bahasa pemrograman yang digunakan untuk menganimasikan objek, mengontrol navigasi dan menginteraksikan objek dalam movie.
  6. Library, merupakan wadah yang digunakan untuk menyimpan objek hasil impor dan objek symbol.
  7. Animasi, merupakan pergerakan gambar-gambar yang mengikuti suatu alur atau aturan-aturan tertentu. Ada dua teknik untuk membuat animasi, yaitu animasi frame per frame dan animasi tween. Animasi frame per frame digunakan jika ingin membuat animasi berdasarkan rangkaian gambar yang diletakkan pad urutan frame. Dan animasi tween digunakan jika kita membuat animasi dengan membuat objek yang didasarkan dari bentuk objek (frame awal dan frame akhir) atau property dari objek, symbol atau instance objek. Selain kedua cara tersebut, animasi juga dapat dibuat dengan menggunakan ActionSript.
  8. Time line, merupakan bagian lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengelola layer.
  9. Layer, merupakan wadah yang digunakan untuk menampung satu gerak objek, sehingga jika ingin membuat gerakan lebih dari satu objek sebaliknya diletakkan pada layer yang berbeda.
  10. Properties, merupakan Suatu cabang perintah dari suatu perintah yang lain
  11. Movie clip, merupakan kumpulan animasi yang dapat digabungkan dengan animasi lainnya
  12. Scene, Jika dalam power point scenesering dikenal dengan slide yang digunakan untuk menyusun objek-objek baik berupa teks maupun gambar.
  13. Masking, merupakan suatu perintah yang berguna untuk menghilangkan sebuah isi dari sayer da nisi layer tersebut akan tampak saat animasi dijalankan.

Itulah beberapa istilah yang akan sering kita jumpai saat menggunakan flash, Terimakasih atas kunjungannya jangan lupa kujungi juga artikel dibawah ini yang masih berkaitan dengan flash pastinya, atau kalian juga bisa melihat desain media pembelajaran yang telah saya desain sendiri.

No comments:

Post a Comment