Saturday 10 March 2018

MEMBUAT DAN MERUBAH HURUF MENJADI UPPERCASE MENGGUNAKAN C++

Mungkin bagi kita kata uppercase sudah tak asing lagi, karena dalam pembuat dokumen menggunakan microsoft word pun ada istilah uppercase dalam pengaturan font. fungsi uppercase sendiri adalah untuk membuat semua huruf yang di blok menjadi KAPITAL atau huruf besar semua. Dalam pemrograman pun penggunaan istilah uppercase tidak asing, karena ada script yang dapat mengatur agar font tersebut menjadi huruf KAPITAL semua. Dalam postingan kali ini, saya ingin berbagi penggunaan script Uppercase pada pemrograman C++. Langsung saja berikut ini contoh penggunaan scripnya:

#include<iostream>
#include<string.h>
using namespace std;
int main()
{
char kata1 [15]= "hay apakabar";
cout<<kata1;
cout<<endl;
strupr(kata1);
cout<<kata1;
}

hasil tampilan sebagai berikut:
hasil tampilan verawatikrisnen18.blogspot.com
 penjelasan script:

karena dalam script tersebut kita menggunakan script STRUPR maka kita memerlukan iclude <string.h> agar script tersebut terdefinisikan dan dapat dirun. sedangkan penggunaan ENDL disini berfungsi untuk mengganti baris atau sama saja fungsinya seperti enter.


ya hanya itu, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, mungkin itu hanya dasarnya saja, untuk selebihnya kalian bisa mengembangkan dan dapat digunakan sesuka hati kalian :). penulis undur diri. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.


kunjungi juga beberapa artikel terkait pemrigraman C++:

  1. Fungsi dalam C++
  2. Script Array dan FOR pada C++
  3. Pengulangan Pemrograman dasar
  4. Mengkonversi nilai ke ABCD menggunakan Pemrograman C++
  5. For pemrograman dasar C++
  6. For dalam For pemrograman C++




No comments:

Post a Comment