Monday 30 April 2018

PENGERTIAN DAN SEJARAH SINGKAT PHP, KELEBIHAN


Pengertian PHP

PHP adalah keendekan dari Hypertext Preprocessor yang digunakan sebagai bahasa script server-side dalam pengembangan web yang disisipkan pada dokumen HTML. Penggunaan PHP memungkinkan Web dapat dibuat dinamis sehingga maintenance situs Web tersebut menjadi lebih mudah dan efesien. PHP ini sendiri merupakan aplikasi yang Open-source yang disebarkan dan dilisensikan secara gratis serta dapat didownload secara bebas dari situs resminya yaiu
bahasa yang digunakan oleh PHP adalah bahasa C.

Sejarah singkat PHP

Rasmus Lerdorf merupakan orang yang pertamakali menciptakan PHP pada tahun 1994. Pada awalnya, penggunaan PHP adalah untuk mencatat jumlah serta untuk mengetahui siapa saja pengunjung pada homepage-nya.  Rasmus Lerdorf adalah salah satu orang yang mendukung open-source. Oleh karena itu ia mengeluarkan Personal Home Page Tool Versi 1.0 secara gratis, kemudian menambah kemampuan PHP 1.0 dan meluncurkan PHP 2.0
Pada tahun 1996, PHP telah banyak digunakan dalam website di dunia. sebuah kelompok pengembang software yang terdiri dari Rasmus, Zeew Suraski, Andi Gutman, Stig Bakken, Shane Caraveo, dan Jim Winstes bekerja sama untuk menyempurnakan PHP 2.0. Akhirnya pada tahuan 1998, PHP 3.0 diluncurkan. Penyempurnaan terus dilakukan sehingga pada tahun 2000 dikeluarkan PHP 4.0. Dan ternyata tidak sampai disitu saja, kemampuan PHP terus ditambah dan dikembangkan.

Kelebihan-kelebihan PHP

PHP sendiri memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki jika dibandingkan dengan bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang bisa melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh CGI, seperti halnya mengumpulkan data dari from, menghasilkan isi halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies bahkan lebih daripada kemampuan CGI.
PHP dapat digunakan pada semua sistem operasi yaitu, linux, Unix (Termasuk variannya HP-UX, Solaris, dan OpenBSD), Microsoft windows, Mac OS X, RISC OS. Selain itu PHP juga mendukung banyak Web Server , seperti Apache, Microsoft Internet Information Server (MIIS), Personal Web Server (PWS), Netscape and iPlanet Servers, Oreilly Website Pro Servers, Audium, Xitami, OmniHTTPd, dan masih banyak lagi lainnya, bahkan PHP dapat bekerja sebagai suatu proses CGI Processor.
PHP tidak terbatas pada hasil keluaran HTML. PHP juga memiliki kemampuan untuk mengolah keluaran gambar, file PDF, dan movie flash. PHP juga dapat menghasilkan teks seperti XHTML dan file XML lainnya.
Salah satu fitur yang dapat diandalkan oleh PHP adalah dukungannya terhadap banyak database. berikut ini database yang dapat didukung oleh PHP: Adabas D, dBase, Direct MS-SQL, Empress, FilePro (read only), FrontBase, Hyperwave, IBM DB2, Informix, Ingresm Interbase, MSQL, MySQL, ODBC, Oracle (OCI7 dan OCI8), OVrimos, PostgrSQL, Solid, Sybase, Unix DBM, Velocis.

No comments:

Post a Comment