Tuesday 10 April 2018

THE MAIN CONTROL CAMERA

Jika kita sering menggunakan kamera pastinya kita tak asing lagi mendengar beberapa istilah seperti ekspoure, aperture, shutter speed dan masih banyak lainya. Beberapa istilah yang tadi saya sebutkan merupakan salah satu bagian dari menu kontrol utama dalam kamera. Selain the main control tadi ada juga yang lainnya, dan itulah yang akan saya posting dalam kesempatan ini pengertian beberapa the main kontrol secara singkat.

Kurang lebih ada enam control dasar pada kamera, karena ini dasar pastinya setiap pengguna kamera harus mengetahuinya. Karena segala sesuatu yang dasar harus dimiliki seseorang sebelum menuju tingkat yang lebih sulit :
1. Exposure
Secara sederhana berarti pencahayaan kamera untuk mendapatkan gambar yang normal, tidak gelap (under exposure) dan tidak sangat terang (over exposure) harus diperhatikan.
a. Aperture 
Aperture di kamera, di televise disebut juga iris, yaitu sejumlah lembaran metal tipis yang disusun sedemikian serupa sehingga bisa dibuka. Bila iris dibuka selebar mungkin, lensa mengirim sinar maksimum ke dalam.
b.  Sutter Speed
 Biasanya sutter speed standar di kamera televise 1/50 kecuali anda ingin menggunakan efek sutter atau untuk mensinkronkan dengan objek, baru sutter speed diposisi ON untuk selanjutnya bisa kita pilih sesuai tujuan kita
 c. ND Filter 
Filter ND (Neutral Density) berfungsi untuk mengurangi intensitas sinar yang terlalu kuat tanpa mempengaruhi kualitas warna cahaya. Filter ini digunakan bila kondisi cahaya. Contoh pada matahari yang terik.
 d. Gain 
Kebalikan ND filter , berfungsi apabila pengambilan gambar dalam keadaan kurang cahaya, yang apabila dengan keadaan normal dengan  bukaan F-stop maksimal (f/1.4) masih under ecposure dengan Gain kita bisa mengangkat exposure secara digital, konsekuaensinya gambar menjadi agak coral (pecah).
2. Filter Color
Filter color digunakan untuk mengubah atau mencocokkan cahaya yang masuk ke dalam kamera. umumnya kamera video memiliki 2 buah filter koreksi warna. UNtuk shoting di dalam ruangan dengan cahaya lampu tingseten kemerahan kita pasang filter 3200 derajat K dan untuk shoting dengan penerangan cahaya matahari kita gunakan 5600 derajat.

3. White Balance
4. Zoom
menu ini pastinya sudah tak asing lagi, karena fungsi dari menu ini adalah untuk memperbesar gambar yang akan kita ambil .
5. Focus 
6. Audio Level's

Semoga bermanfaat untuk kalian para pembaca, jika ada kesalahan mohon tinggalkan komentar agar dapat diperbaiki :)
 

No comments:

Post a Comment