Thursday 24 May 2018

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TOPOLOGI JARINGAN


Jika kita melihat gambar topologi jaringan sebenarnya lebih pada penyusunan komputer, kabel, dan komponen yang lain secara fisik pada sebuah jaringan. Secara garis besar topologi jaringan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu:

1.      Topologi Bus



Topologi bus merupakan topologi jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengannkabel koaksial dalam sebuah jalur. Kelebihan menggunakan topologi ini adalah kesederhanaannya. Jika ingin menggunakan opologi ini maka kita hanya perlu memasang konektor baru.  Konektor disini berfungsi untuk menghubungkan antar jalur utama dan jalur cabang. Dengan kesederhanaan ini pula dapat memudahkan kita untuk menginstalasi dan konfigurasi jaringan. Selain memiliki kelebihan, pastinya setiap topologipun memiliki kekurangan. Kekurangan topologi jaringan ini adalah :
a.       Apabila kabel utama (kabel backbond), maka koneksi antar komputer akan terputus.
b.      Apabila jumlah komputernya terus ditambah, maka kemungkinan jalur kosong akan makin kecil, akibatnya proses transmisi data akan makin lambat.
c.       Apabila kabel semakin panjang, sinyal yang akan diterima maka akan semakin rendah.


2.      Topologi Ring (Cincin)


Susunan topologi ring atau cincin ini berbentuk lingkaran. Sinyal akan mengelilingi lingkaran melalui jalur transmisi dan akan dilewatkan pada masing-masing komputer. Kelebihan dari topologi cincin adalah dapat mengurangi kemungkinan terjadinya bentrokan dalam transfer data. Namun jika kita ingin menggunakan topologi ini maka akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 
Kekurangan dari topologi ini adalah jika salah satu komputer ada yang gangguan maka kemungkinan komunikasi antarkomputer akan terputus. Selain itu kekurangan dari topologi ini adalah dalam menjaga jaringan topologi ring agar dapat berjalan dengan baik. Jika terdapat gangguan maka dalam memperbaiki akan susah.


3. Topologi Bintang (Star)
Dalam topologi star ini akan ada 3 data komputer yang terhubung dengan sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk mengantisipasi bentrokan pada saat transmisi data.

Kelebihan dari topologi ini adalah :
  1. Dapat membuat jalur komunikasi antarkomputer, sehingga dapat menghemat sumber daya jaringan.
  2. Mudah dikelola karena apabila terjadi gangguan akan mudah diketahui
  3. Kerusakan pada satu komputer tidak memngaruhi komunikasi antarkomputer yang lain
Selain kelebihan, topologi ini juga memiliki kekurangan, yaitu:

  1. Apabila terjadi kerusakan pada HUB atau SWITCH, maka seluruh jaringan tidak akan berfungsi.
  2. Apabila menggunakan HUB sebagai pusat pengontrolnya, kecepatan transmisi data akan sedikit lambat.
  3. Sedangkan apabila menggunakan switch, tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Setiap hal pastinya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing, jika kalian ingin menggunakan topologi maka sesuaikanlah dengan kebutuhan dan biaya yang memungkinkan atau sesuai dengan budget kalian. terimakasih telah berkunjung, untuk informasi yang lebih lengkap silahkan baca buku berikut ini :

Sumber:
Agus Mulyanti. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakata: Pustaka Belajar.


No comments:

Post a Comment