Wednesday 30 May 2018

HAL-HAL YANG HARUS DIKUASAI OLEH DESAINER GRAFIS

Sebagai desainer grafis kita tak cukup hanya menguasai atau memiliki keahlian menggambar atau membuat ide rancangan desain, tetapi kita juga harus menguasai beberapa hal untuk menunjang kebutuhan keahlian yang akan digunakan dalam proses desain grafis. Sebelu membahas langsung pada pokok bahasan saya akan sedikit mencantumkan pengertian desain grafis.

Menurut Suane dan sarah dalam bukunya, mengungkapkan bahwa Graphic Design atau Desain Grafis adalah istilah penamaan yang mengacu pada latar dua matra atau dua dimensi yang bervariasi, baik format dan kompleksitasnya (Wibowo, 2013, p. 11). Berdasarkan pengertian tersebut, desain grafis merupakan bentuk karya dua dimensi.

Untuk menciptakan sebuah Desain Grafis ada beberapa hal yang kiranya perlu kalian kuasai, sebagai berikut:

1. Nirmana

Apa itu nirmana ?,mendengar nama Nirmana dalam benak kita pasti bertanya-tanya apa itu nirmana, apakah nama orang ?. Nirmana adalah ilmu yang mempelajari elemen-elemen desain grafis beserta prinsip-prinsip desain grafis (Wibowo, 2013). Jika kita ingin mempelajari desain grafis maka kita perlu mempelajari ini terlebih dahulu, karena didalamnya akan membahas mengani garis, bentuk, ruang, tekstur, warna, dan sebagainya.

2. Typografi

Pernahkan anda melihat sebuah gambar yang hanya berisisikan tulisan yang acak-acakan atau tersusun rapih membentuk suatu wajah atau pola huruf ?. Jika pernah itulah yang disebut dengan seni typografi. lalu apa itu typografi?. Typografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat memunculkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin (Wibowo, 2013).

3. Pewarnaan.

Unsur warna sangatlah penting dalam sebuah desain, jika sebuah desain tidak memiliki warna yang pas maka akan membosankan dan kurang menarik minat. Selain itu dengan adanya warna akan membantu orang yang melihatnya memahami estetika gambar yang kita buat. Pewarnaan ini sebenarnya termasuk dalam bahasan Nirmana.

4. Software

Software adalah pendukung dari apa yang bisa anda hasilkan (Wibowo, 2013). Jumlah software begitu banyak, namun ada beberapa yng memang dikhususkan untuk dunia desain mendesain. Jika kita lihat berdasarkan bidangnya maka software desain dapat dibagi menjadi dua, yaitu software pengolah grafis dua dimensi dan software pengolah grafis tiga dimensi. Selain itu berdasarkan medianya dibagi menjadi tiga, yaitu Media cetak, Media Digital, Multimedia.

5. Scetch

Kita lebih mengenal istilah ini dengan sebutan “menggambar dengan tangan”. Sebenarnya kemampuan menggambar tidaklah mempengaruhi seseorang untuk menghasilkan sebuah karya desain grafis, Namun orisinilitas dalam menggambar manual akan sangat terasa, dan efeknya akan memudahkan anda dalam mengolah karya desain menggunakan software (Wibowo, 2013).

6. Kemampuan Umum

Bagian ini adalah yang terakhir :D, Kemampuan umum ini adalah kemampuan tambahan yang membantu dalam proses pembuatan karya grafis. Yang meliputi kemampuan ini yaitu: memiliki banyak referensi karya grafis yang terupdate dan pengetahuan website penjual karya desain grafis, seperti deviantart, graphicriver, flickr, dan lain sebagainya tempat unutk melatih kemampuan diri seorang desain grafis.

Semoga bermanfaat untuk para pengunjung, kunjungi juga artikel lainnya ya :)

No comments:

Post a Comment