Saturday 19 May 2018

MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK PROGRAM APLIKASI


Salam sahabat-sahabat para pencari ilmu, senang rasanya bisa berbagi ilmu dengan sahabat". Untuk kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang macam-macam perangkat lunak program aplikasi nih.
Program aplikasi pada komputer merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Dalam sebuah komputer aplikasi ini dipersiapkan sesuai kebutuhannya masing-masing.

Program aplikasi dibedakan menjadi beberapa macam:

1. Word Processing
Word processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. contoh aplikasi;; Word star, Microsoft word, dan Word Perfect.
2.  Desktop Publishing
Desktop publishing merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. contoh: Ventura Publisher, Page Maker.
3. Program Speadsheet
Merupakan program- program yang digunaka untuk mengolah data secara berkolom. contoh: Microsoft Excell, Lotus Improv.
4. Program presentasi
Merupakan sebuah aplikasi untuk membuat presentasi. namun program yang paling popular adalah Microsoft Powerpoint.
 5. Database Management System 
Salah satu kegunaan komputer dalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat diperoleh berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kamudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh: Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach, Microsoft Visual Basic.
6. Perangkat lunak aplikasi internet dan jaringan
Perangkat lunak aplikasi internet dan jaringan adalah perangkat lunak yyang digunakan untuk mendukung pemanfaatan internet dan jaringan.
contoh :
a. Web Browser,  
yaitu program untuk mengakses informasi internet, termasuk dalam browser program ini adalah Internet Exsplor, Opera, Mozilla Firefox, Google Chrome.
b. Email Software 
Perangkat lunak yang menyediakan fasilitas untuk berkomunikasi , contohnya Microsoft Outlook 
c. ICQ, merupakan singkatan dari "i seek you" ,Merupakan sebuah program untuk berchatting  
7. Perangkat lunak Auto Card
Merupakan program desain untuk bidang teknik. Program ini banyak digunakan baik dalam bidang teknik mesin maupun arsitektur.
8. Graphics
Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh: CorelDraw, Stanford Graphics, Visio.
9. Program Akuntansi
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi berhubungan dengan keuangan dan akuntansi. Contoh: DacEasy Accounting, Pacioli 2000, Peach Tree Accounting, MYOB, DEA, GL.
10 Program Statistik
Program ststistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis ststistik. Contoh: SAS, SPSS, Statisca.
11. Communication
Communication merupakan program yang yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh: Carbon Copy, Data Fax, Procomm Plus, Cross Talk.
12. Multimedia
Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player.
contoh:
a. Real Player, Winamp, Windows Media Player, yaitu program untuk memutar musik dan film.
b. Adobe Premiere, yaitu perangkat lunak untuk mengedit film.
c. Macromedia Flash MX, yaitu program unutk membuat berbagai animasi.
13. Game
Game merupakan program untuk permainan. contoh: Flight Simulator, Baseball, Prince of persia.
14 Antivirus
Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendeteksi dan menghilangkan virus yang tertular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh: McAfree VirusScan, Norton Antivirus, AVG, Smadav.

Disamping program-program tersebut, juga dikenal beberapa program aplikasi sesuai dengan tujuan penggunanya.


No comments:

Post a Comment