Thursday 21 February 2019

PERMAINAN BINGO DAN RPP TEMA 9 KELAS 5

Desain dan hiasan disesuaikan dengan kreatifitas masing-masing
ini hanya sebagai gambaran dari penjelasan di blog ini,
 silahkan kreasikan sesuka kalian dan sekreatif mungkin. Permainan Bingo.

Dalam proses pembelajaran perlulah sebuah hal yang berbeda, bukan hanya ceramah dan ceramah saja  yang didengarkan oleh anak, tetapi sebagai seorang guru kita perlu menciptakan suasana yang membuat peserta didik nyaman dan senang untuk belajar, untuk itu saya ingi berbagi sebuah pengalaman yang telah saya praktikkan melalui tugas yang telah diberikan oleh Dosen saya, berikut ini saya akan sedikit mengulas dan berbagi RPP yang telah saya buat yang menggunakan permaian Bingo, selamat membaca.

Permainan bingo merupakan salah satu dari sekian banyak permainan yang dapat diterapkan dalam sebuah pembelajaran, namun permainan ini lebih khusus untuk megevaluasi atau meninjau kembali seberapa banyak yang telah anak pahami, selain itu berfungsi untuk menjadikan pembelajaran tak terlupakan.

Dalam buku karya Dr. Melvin yang merupakan Guru Besar Psikologi Pendidikan Universitas Temple, AS mengemukakan bahwa permainan bingo merupakan bentuk “strategi membantu mengingat kembali akan istilah-istilah yang telah siswa pelajari selama menempuh mata pelajaran” (Melvin, 2016).

Seperti hal yang telah dijelaskan bahwa permainan ini sebagai bentuk evaluasi atau peninjauan, maka sebelum melakukan sebuah pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dan dirancang agar permainan ini benar-benar efektif untuk dipergunakan. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh guru sebelum melakukan pembelajaran dengan permaian Bingo 

  1.  Soal sebanyak-banyaknya atau sesuai dengan banyaknya kotak yang akan kita buat, Namun jawaban dari setiap pertanyaan harus hal yang pasti atau bukan pendapat.
  2. Media Permaianan Bingo, Media permaian ini dapat kita buat dari kertas manila yang terdapat  9 saku atau lebih dengan susunan membentuk persegi
  3.   Kartu warna untuk mengisi kantung, jumlah warna sesuai dengan jumlah kelompok
  4. Siapkan peraturan permaian, agar tidak terjadi keributan saat memulai permainan ini.
langkah-langkah permainan :

  1. Bagilah siswa menjadi dua kelompok
  2. lalu bagikan kartu warna, dengan anggota satu keolmpok sama namun berbeda dengan kelompok yang lainnya.
  3. Bacalah aturan permainan terlebih dahulu.
  4. Guru memilih nomer urut saku secara acak, sesuai keinginan guru
  5. Guru membacakan soal
  6. Guru memberikan kesempatan kepada siswa kelompok untuk menjawab
  7. Kelompok yang berhasil menjawab boleh memasukkan kartu warna yang mereka pegang ke kantong nomor pilihan guru
  8. guru membacakan kuis sampai kelompok membentuk garis vertikal, horizontal, ataupun diagonal.
  9. Kelompok yang berhasil membuat garis horizontal, vertikal ataupun diagonal mendapatkan satu point.
  10. dan seterusnya sampai semua kotak terisi kartu warna.
  11. jika perlu diadakan ronde permainan
Itulah permainan binggo yang dapat saya paparkan berdasarkan hasil praktik yang telah saya lakukan, apabila ada kesalahan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jika kalian ingin mendownload Perangkat Pembelajaran Dengan Permainan Bingo silahkan klik tombol Download dibawah ini :


Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada kekliruan, silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih atas kunjungan kalian semua.





No comments:

Post a Comment