Friday 22 February 2019

LANGKAH PROSES ANALOG TO DIGITAL CONVERTER (ADC)


Dalam jurusan multimedia pastinya ada sebuah matapelajaran Teknik Audio, karena dalam multimedia pastinya tidak akan lepas dari audio serta visual. Namun dalam mata pelajaran tersebut membahas mengenai audio. untuk itu kita perlu mengetahui bagaimana langkah proses analog to digital converter, berikut ini saya akan sekilas berbagi ilmu yang telah saya dapatkan selama menempuh pendidikan multimedia,

Analog to Digital Converter atau ADC mengubah amplitudo sebuah gelombang kedalam waktu interval (samples) sehingga menghasilkan representasi digital dari suara.
Sebaliknya untuk menampilkan suara digital kedalam aalat suara analog (speaker) digigunakan Digital to Analog Converter (DAC) untuk mengkonversinya . Beberapa sample gelombang yang diambil dalam waktu 1 detik tersebut dengan sampling rate.

Dalam proses Analog to Digital Converter (ADC) pastinya ada langkah-langkah yang ditembuh, berikut ini tiga langkah yang dilakukan dalam proses ADC :

1. Pengambilan Sampling
Pada langkah sampling yangdilakuan adalah proses perubahan waktu yang berjalan diubah kedalam bentuk diskrit (elemen yang tidak bersambung)

2. Kuantisasi
Kuantisasi adalah proses perubahan bentuk sample yang berkelanjutan kedalam bentuk diskrit. Dalam langkah Kuantitasi, proses ini dilakukan pembagian range sinyal kedalam bentuk interval angka yang disepakati ukuran dari interval kuantitasi.

3. Pengkodean
Proses Merepresentasikan isi digital kuantitsasi disebut dengan koding. Ini dapat terjadi pada saat menggunakan Digital to Analog Converter (DAC) melakukan rakonstruksi kembali sinyal analog yang berasal data digital.

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan mengenai Teknik audio, jangan lupa kunjungi juga artikel-artikel yang ada didalam blog ini, dan saya mohon maaf jika ada penulisan ataupun kata-kata yang kurang sesuai, jika ada yang kurang sesuai ataupun kritik dan saran, silahkan tuliskan dalam kolom komentar agar segera diperbaiaki, dan terimakasih atas kunjungannya.

2 comments: