Saturday 23 February 2019

APA ITU KELAS MAYA ATAU VIRTUAL CLASS

apa itu virtual class ??

Saat kita mendengar atau membaca untuk pertamakalinya tentang kelas maya apa yang ada didalam benak kalian ? apakah kelas online ? atau belajar online ? atau belajar digital ? atau yang lainnya ?.  untuk itu pada artikel kali ini saya ingin sekali berbagi mengenai kelas maya atau virtual class, jika ingin tahu selengkapnya silahkan baca artikel berikut ini :

A. Pengertian KElas Maya (Virtual Class)

Virtual class dalam arti bahasanya adalah kelas virtual atau kelas maya. Sedangkan menurut istilah adalah sebuah lingkungan belajar yang ada hanya dalam konten yang disimpan, diakses dan dipertukarkan melalui jaringan komputer dan sistem informasi, sehingga dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Melalui virtual class dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau oleh pengajar maupun peserta didik. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh atau Distance Education, sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai tambahan atau penunjangan dalam kelas tatap muka.

B. Jenis-Jenis Penyampaian di Kelas Tatap Muka

1. Learning Management Sistem (LMS)

LMS adalah perangkat lunak untuk perencanaan, pengiriman, dan pengelolaan kegiatan pembelajaran dalam sebuah organisasi, termasuk online, ruang kelas virtual, dan program instruktur yang terpimpin.

2. Learning Content Management System (LCMS)

LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS adalah perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran di berbagai bidang pelatihan pengembangan. LCMS tidak hanya dapat membuat, mengelola dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan mengedit semua bagian yang membentuk sebuah katalog pelatihan. Aplikasi LCMS memungkinkan pengguna untuk membuat, mengimpor, mengelola, mencari dan menggunakan kembali unti kecil dari konten pembelajaran digital dan aset, sering disebut sebagai objek pembelajaran. Aset ini dapat mencakup file media yang dikembangkan dalam penilaian item, simulasi, teks, gambar atau benda lain yang membentuk konten dalam kursus tersebut diciptakan.

3. Social Learning Network (SLN)

SLN adalah pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas dari pada individu atau kelompok belajar, sehingga skala sosial, melalui interaksi sosial antara rekan-rekan. Ini mungkin atau mungkin tidak menyebabkan perubahan sikap perilaku.

terimakasih telah berkunjung dan mohon maaf jika ada kesalahan, jika berkenan tinggalkan komentar untuk kritik dan saran yang membangun.


No comments:

Post a Comment