Saturday 2 November 2019

Cara Scan Dokumen Dengan Mudah Lewat HP

Hello gaes, kembali bertemu dengan postingan saya ini, untuk kali ini saya ingin berbagi kepada teman-teman pemantau gimana sih cara scan dokumen selain lewat printer ? Bisa ngga sih ? Oke gaes tenang saja bagi kalian yang ingin tau jawabannya bisa langsung baca postingan di bawah ini dan ikuti langkahnya ya gaes....

Saat ini perkembangan teknologi begitu pesat dimana semua serba digital, terkadang untuk mendaftar pekerjaan atau sekolah harus mengirimkan berkas dalam bentuk file dan pastinya kita membutuhkan perangkat printer untuk menscan data tersebut. Tidak semua orang punya printer yang ada scannernya sehingga kadang kita bingung mau scan dimana, sekarang kita cukup punya HP dan pastinya yang ada kameranya sudah bisa scane dokumen, gimana mudahkan. Untuk caranya ikuti langkah berikut.

1. Downloadlah aplikasi CamScanner di playstore terlebih dahulu atau kalian bisa klik disini
2. Setelah kalian download bukalah aplikasi dan akan muncul tampilan berikut :
 nah kalian geser saja terus sampe habis dan akan muncul seperti berikut : 
Sekarang terserah kalian mau daftar dulu boleh, kalau ngga mau ribet saranku mending langsung aja klik "Gunakan Sekarang" yang ada di bagian pojok bawah kanan.

3. Tampilan awal pada aplikasi adalah sebagai berikut : 

Nah kalian telah berhasil masuk, untuk menscane dokumen cukup mudah, kalian tinggal klik gambar kamera yang ada di bagian pojok bawah kanan aplikasi. Dan akan muncul tampilan berikut : 
Cara mengambil gambar sama halnya dengan mengambil gambar lewat kamera biasa dan usahakan backgroundnya polos ya, mohon maaf backgroundnya ga polo, lebih baik sih polos.
4. Kemdian setelah gambar diambil maka aplikasi akan otomatis memotong dokumen menyesuaikan dengan ukuran dokumen. 
Apabila belum sesuai kalian bisa menyesuikan sendiri ukurannya dengan mengatur, menggeser titik" bulat yang mengrlilingi gambar dokumen. Jika kalian ingin memutar hasil scan bisa dengan klik "left" atau "right" sesuai kebutuhan dan jika sudah tinggal klik tombol "BERIKUTNYA".
5. kemudian akan tampil sebagai berikut : 

Kemudian tekan gambar 01 sampai terseleksi dan ada tanda centang di bagian atas kanan,
Jika ingin menyimpan dalam bentuk gambar kalian tinggal klik tombol "SIMPAN KE...." yang ada di bagian bawah.
Jika ingin save dalam bentuk pdf maka kalian tinggal klik pada menu "LEBIH" .

6. Setelah muncul tampilan seperti berikut ini 
Tulisan watermark tidak dapat dihapus kecuali kalian sudah punya akun premium yabg berarti harus bayar. Kemudian kalian tinggal klik pada menu "BAGIKAN" yang ada di pojok kanan atas.
7. Proses yang terakhir yaitu :
kalian tinggal klik "SAVE TO LOCAL" untuk menyimpan dokumen ke memori HP.


Gimana gaes, mudah kan kita tinggal foto cekrek kita atur dan simpan jadi deh. Selamat mencoba ya gaes....
Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar jika ingin bertanya atau memberikan kritik dan saran ...

No comments:

Post a Comment