Sunday 17 November 2019

TAHAP ALIR PROSES PRODUKSI PRODUK MULTIMEDIA

Saat kita membuat sebuah produk pastinya tidak langsung jadi tapi melalui proses. Secara umum tahapan proses produksi ada 3 yaitu Preproduction, Production, Pasca Production. Memang hanya terdiri dari 3 tahapan pokok atau bisa dibilang alir secara singkat. Sebenarnya setiap bagian dari ketiga alir memiliki proses masing-masing, untuk mengetahui apa saja langkah dan yang harus dilakukan pada setiap alir maka bacalah hingga selesai artikel berikut ini.

Tahapan Alir Proses Produksi Produk Multimedia :
1. Preproduction/ Pra Production:
Meliputi Proses penuangan Ide (proposal), Perencanaan produk, Perencanaan proses produksi, Penyusunan dokumentasi, Penyusunan tim, Pembuatan prototype, Pengurusan hak cipta, Penandatanganan kontrak, serta Pembiayaan.

2. Production/Proses Produksi
Pembuatan program/software yang diperlukan, Mengintegrasikan content dan software, dll.

3. Post Production/Pasca Production
Proses pengujian Beta Version mengevaluasi dan merevisi software dan content berdasarkan pada hasil pengajuan versi beta, merelease golden master (final product) dari produk multimedia dan menyimpan semua material.

Itulah alir dalam proses produksi multimedia, terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk kritik dan saran.....

No comments:

Post a Comment