Saturday 23 November 2019

Pengertian, fungsi dan Jenis Presentasi Video


Pengertian, fungsi dan Jenis Presentasi Video

Presentasi video adalah video yang digunakan untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan , yang digunakan unttukviddeo pembelajaran, marketing, dan sebagainya.

Fungsi presentasi Video : sebagai sarana untuk mengkomunikasikan ide atau gagasan dalam pembelajaran atau menyajikan suatu produk yang telah dihasilkan.

Jenis-jenis presentasi video :
  1. Presentasi video pembelajaran
  2. Presentasi video penjualan (marketing)

Ciri khas presentasi video
Ciri khas presentasi video adalah mudah dibuat, bersifat spontan, dan mengakomodasi keinginan pembuat. Untuk itu alat yang digunakan adalah yang paling sederhana dan mudah di jangkau.

Proses pembuatan presentasi video haruslah dirancang dengan bentuk sederhana, tidak seperti video paada umumnya. Perbedaanya antara lain:
  1. Tanpa memerlukan teknik pengambilan gambar yang rumit.
  2. Pencetus ide dapat berlaku sebagai sutradara atau pemain bahkan sebagai editor
  3. Kelemahan dari presentasi video adalah melalui editing panjang dan memungkinkan adanya pengambilan gambar ulang. 

tujuan akhir dari presentasi harus mengakomodasi kelebihan produk dan ide yang disampaikan. Untuk pembuatan presentasi video sederhana dapat menggunakan teknik dan metode sebagai berikut :
1. Praproduksi
Praproduksi merupakan tahapan perencanaan. Secara umum merupakan tahapan persiapan sebelum memulai proses produksi (shooting film atau video). Pada intinya tujuan dari praproduksi adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjaan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan, untuk memulai pemrosesan video, dibutuhkan beberapa langkah.

a. Ide 
Ide/gagasan adalah rancangan yang tersusun dipikiran. Artinya sama dengan cita-cita. Ide adalah pemikiran atau konsepsi yang berpotensi atau benar-benar ada dalam pikiran sebagai produk dar aktifitas mental. Secara sederhana ide dapat dikatakan sebagai gagasan, sebuah rencana, pendapat, skema atau metode. Maka dari itu, dalam pembuatan presentasi video harus dimulai dengan menciptakan ide.

b. Sinopsis
Sinopsis adalah setiap peristiwa atau rekaan yang dikisahkan dalam bentuk cerita yang dapat disimpulkan ke dalam bentuk ringkasan yang padat dan jelas.

c. Naskah
Naskah adalah suatu teks yang berisi aturan, alur cerita di dalam suatu dialog (penulisan sebuah naskah berdasarkan ketentuan, aturan yang sudah lazim, dan sudah disepakati).

d. Pencahayaan sederhana
Selama pross pembuatan video, objek harus menghadap sumber cahaya. Disarankan menggunakan cahaya 3 titik. Satu berada di depan subjek, dan dua berada di samping.

2. Produksi
Produksi video dimulai dari merekam video dengan script dan konsep yang sudah dirancang diawal. Kemudian proses rekam baik visual maupun audio dilakukan, dan seluruh elemen bekerja dalam proses produksi, pada proses produksi kita harus menyiapkan :
Komputer (personal computer)/laptop, alat pengambilan gambar (camera), handphone atau webcame screen video, microphone.

No comments:

Post a Comment