Sunday 3 November 2019

TIGA FUNGSI DASAR EDITING MENURUT HERBERT ZETTL




Hallo gaes, pastinya kalian tak asing lagi dengan kata editing. Baik editing foto, video atau yang lainnya. Keperluan editing pun bermacam-macam bergantung kebutuhan. 

Karena editing di lakukan dengan alasan yang bermacam-macam. Karena hal tersebut ada istilah tiga fungsi dasar editing menurut Herbert Zettl yaitu combine, trim, dan build. Penjelasannya sebagai berikut :

1. Menggabungkan ( Combine)
Pada dasarnya, editing memang persoalan tentang menggabungkan atau menyatukan shot-shot sehingga tercapai perpaduan beberapa shot agar terbentuk kesatuan yang selaras dari bahan yang diambil. Proses penggabungan untuk kontinuitas gambar ini merupakan suatu kreativitas seni tersendiri, dalam hal ini faktor pengalaman, dasar acuan, isi pesan yang disampaikan akan mempengaruhi nilai kreativitas pada proses penggabungan gambar.

2. Memangkas (Trim)
Trimming atau memangkas merupakan salah satu pekerjaan editor dalam memotong bahan yang ada untuk membuat video tape akhir sesuai dengan penempatan waktu yang tersedia atau menghapus bahan-bahan yang tidak ada hubungannya. Seperti yang dilakukan editor berita yang harus membuat cerita lengkap dalam waktu yang singkat dan memangkas bahan yang ada sampai ke minimalnya, misal produser memberikan waktu 20 detik untuk membuat cerita tabrakan kereta, meskipun bahan yang diberikan panjangnya 10 menit gambar yang bagus, akan tetapi tetap saja harus memotong atau memangkas beberapa shot yang tidak diperlukan. Kata Trim juha digunakan oleh editor pada editor control dalam membuat penambahan atau pengurangan dari edit point yang dibuat.

3. Membangun (Build)
Membangun suatu cerita merupakan hal yang paling sulit. Seorang editor harus menggabungkan sebuah cerita dari shot-shot yang baik. Dalam membangun sebuah cerita, editor tidak boleh asal memilih beberapa shot serta menggabungkannya dalam sekuen, tetapi harus mengambil beberapa shot dan transisi yang efektif untuk membangun atau membuat cerita menjadi cerita utuh. 

Itulah tiga fungsi dasar editing, selamat belajar dan  semoga bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar jika ada yang ingin ditanyakan atau memberikan kritik dan saran. Terimakasih telah berkunjung....

1 comment: