Monday 6 January 2020

Pengertian dan Bentuk Komunikasi Online

Pengertian dan Bentuk komunikasi Online
Dengan adanya teknologi yang canggih, saat ini segala sesuatunya dapat dilakukan dengan mudah, kini jarak bukan lagi halangan untuk saking berkomunikasi dengan adanya bantuan teknologi. Kita bisa melakukan komunikasi secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung.
Istilah komunikasi online mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan komunikasi melalui jaringan komputer. Meliputi Sinkronus yaitu komputer mediasi komunikasi langsung (dimana orang dapat berkomunikasi real time melalui perangkat lunak chat atau diskusi, dengan semua peserta komputer pada waktu yang sama). Bentuk dari komunikasi langsung dapat berupa text chat dan video chat, atau kombinasi keduanya, contoh untuk pengguna komunikasi langsung dapat berupa google plus, whatsapp, dll.
Asynchronous adalah komputer memediasi komunikasi secara tertunda (dimana orang-orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer dengan menggunakan program email, forum, dan membaca dokumen online di www atau blog ini).
Bentuk Komunikasi Online :
1. TEXT CHAT
adalah sebuah feature, aplikasi atau program dalam jaringan internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai internet yang sedang online. Komunikasi teks dapat mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online , kemudian yang dituju membalas pesan dengan teks, demikian seterusnya, itulah proses terjadinya text chatting.

2. VIDEO CHAT.
adalah video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antar pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting biasanya dilakukan melalui perangkat komputer, tablet atau smartphone (juga disebut telepon video chatting), dan mungkin melibatkan point to point (atau satu satu) interaksi, swpeeri FaceTime dan Skype, atau komunikasi multipoint (atau satu ke banyak), seperti dalam google hangouts atau Whatsapp.

No comments:

Post a Comment