Sunday 4 February 2018

PIHAK PIHAK YANG BERKAITAN DAN TUGASNYA DALAM PROSES PRODUKSI FILM

Jika kita melihat sebuah film pada bagian awal dan akhir pastinya ada nama yang berjalan ataupun muncul. karena dalam film pastinya ada beberapa orang yang terlibat, bukan hanya satu atau dua orang namun lebih. Mereka memiliki tugas masing masing sesuai dengan namanya. berikut ini ada beberapa pihak-pihak yang terlibat dalam penggarapan sebuah film:

1. Asisten Sutradara
   Tugas dari asisten sutradara adalah membantu sutradara dengan menyiapkan pemain, peralatan dan bahan yang digunakan, juga mengarahkan anggota team produksi lainnya.

2. Asisiten Produksi
    Bertanggung jawab membantu produser, sutradara dan crew yang lainnya. Biasanya bekerja di control room dengan macam-macam catatan, membuat perubahan-perubahan yang perlu pada naskah, membagikan naskah pada crew, menyiapkan bahan pendukung produksi. juga sering bekerja di studio floor, membisikkan pada pemain dialog yang harus diucapkan apabila lupa.

3. Direktur Teknis
   Bertanggung jawab dalam mempersiapkan dan menyetel semua peralatan yang akan digunakan, agar bisa sinkron. bertugas mengawasi crew teknis dan peralatan teknis lainnya. sering bertindak sebagai switcher yang mengoperasikan video mixer.

4. Teknisi Audio
   Bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan tata cahaya, mengatur penempatan sumber cahaya, mengarahkannya sehingga memperoleh efek yang diinginkan.

5. Direktur Tata Cahaya
   Bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan dan pelaksanaan tata cahaya, mengatur penempatan sumber cahaya, mengarahkannya sehingga memperoleh efek yang diinginkan.

6.  Direktur Seni
    Bertanggung jawab merencanakan setting dekorasi, mengawasi konstruksi set, penataan grafis dan sebagainya.

7. Juru Kamera
    Bertugas mempersiapkan, mengatur kamera dan mengoperasikannya, sehingga memperoleh gambar dengan komposisi yang baik.

8. Operator Video Tape
   Bertanggung jawab atas kualitas teknik hasil rekaman pada VCR (Video Cassete Recorder), sekaligus mengoperasikannya.



Itulah beberapa pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah proses penggarapan film, masing-masing memiiki tugas yang penting demi lancarnya penggarapan film dan hasil yang maksimal.

Terimakasih untuk kalian yang telah berkunjung, jangan bosan-bosan untuk berkunjung. 

No comments:

Post a Comment